Roda sebagai bagian vital kendaraan atau mesin,
mula pertama ditemukan oleh orang Sumeria pada 3.500 tahun SM. Di Mesopotamia,
ditemukan pula sebuah benda bulat dengan poros di bagian tengahnya,
diperkirakan sebuah tatakan untuk membuat tembikar dari masa yang sama. Ini
membuktikan bahwa pada saat itu orang mulai tahu prinsip kerja gerak lingkaran.
Gambar diatas dipercaya relief sebelum roda ditemukan
Selanjutnya, pada 3000 SM, kereta dorong mulai
dikenal di Asiria, kemudian berlanjut di Lembah Indus. Sedangkan masyarakat
Eropa Daratan dan Tengah baru mengenal kereta dorong sekitar 1000 SM, malah
Inggris baru pada tahun 500 SM.
Pada mulanya kendaraan yang beroda belum bisa
dibelok-belokkan. Tiap kali akan berbelok, seluruh roda beserta keretanya haus
diangkat. Masalah ini lalu terpecahkan dengan ditemukannya poros untuk roda
depan yang bisa membelokkan roda. Saat orang mulai menggunakan kereta perang,
roda yang sudah berjeruji mulai dilengkapi ban, yang bentuknya masih amat
sederhana: apakah dibalut kulit atau lapisan tembaga. Agar awet di jalanan
jelek, roda diberi berpaku-paku atau jerujinya dibuat menembus pelek. Bahkan,
para ahli teknik Romawi memodifikasi roda menjadi penggerak untuk irigasi.
Roda berangsur menjadi bagian dari budaya dan
teknologi. Orang sadar, bahwa gerak mekanis bagi penciptaan apa pun, hanya bisa
dilakukan dengan roda. Lompatan ilmu pengetahuan ini terjadi ketika manusia
menemukan roda bergigi, yang mula pertama digunakan pada roda tenaga air.
Kemudain pada abad I SM, gabungan roda dari berbagai ukuran dan masing-masing
dihubungkan dengan tali. Inilah yang belakangan diketahui sebagai prinsip
perpindahan beban, percepatan dan perlambatan putaran. Prinsip ini kemudian
menjadi mekanisme dasar penciptaan jam.
Pada tahun 1515 orang menemukan wheel-lock, roda
yang bisa diputar dan berhenti oleh sebuah benda pengganjal. Prinsip ini
kemudian dikembangkan menjadi roda gerigi pemantik bom - dan korek api.
Dunia teknik sangat terbantu oleh penemuan roda.
Dari mesin es krim sampai PLTA, menis jahit sampai pesawat ulang-alik, sepeda
sampai mobil balap formula. Perkembangan roda sebagai penggerak kendaraan
kemudian tak dapat dilepaskan dari perkebangan ban, yang ditentukan oleh peran
Robert William Thomson dan John Boyd Dunlop.
Thomson, seorang insinyur Inggris, mengembangkan
“ban mati” di sekeliling pelek kendaraan menjadi “ban hidup” alias berongga
udara yang dipatenkan pada tahun 1845. Karya Thomson kemudian dikembangkan oleh
“bapak ban” Dunlop, seorang dokter hewan asal Belfast, Irlandia. Jika Thomnson
menggunakan kulit binatang sebagai bahan dasarnya, Dunlop menggantinya dengan
karet. Penemuan yang dipatenkannya tahun 1870 itulah cikal-bakal roda kendaraan
masa kini.
Tokoh lain pun menyusul. Charles Kingston Welch
menemunakn “ban dalam” yang tidak langsung terkena permukaan tanah karena
diberi lapisan tambahan. Sedangkan William Erskine Bartlett, menemukan
ban luar yang dilengkapi penguat pada tepinya, agar tidak mudah lepas ketika
dipasang pada pelek.
Sejak itu, teknologi ban berkembang pesat.
Perbaikan, baik dari segi teknik pembuatan maupun materi dasarnya, tumbuh dari
waktu ke waktu. Sampai sekarang, ragam, macam dan jenis ban sangat beraneka.
Jumlahnya tak kurang dari 3.500 macam. Baik ban luar yang mengharuskan
pemakaian ban dalam, maupun jenis tubeless alias tanpa ban dalam.
Perkembangan transportasi sebelum industrialisasi
Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum
masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. Pada
keterangan berikut ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari jaman ke jaman.
Tetapi sebelumnya tentu ada pergerakan manusia ke Benua Australia yang
diperkirakan terjadi 40.000 sampai 45.000 tahun yang lalu menggunakan suatu
bentuk transportasi maritim.
Tahun
|
Temuan
|
3500 SM
|
Penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi
modern
|
3500 SM
|
Kapal pertama sekali dikembangkan
|
2000 SM
|
Kuda digunakan oleh manusia untuk transportasi
|
770
|
Sepatu kuda digunakan untuk pertama sekali
|
1492
|
Leonardo Davinsi membuat lebih dari 100 gambar
rancangan pesawat terbang
|
1620
|
Cornelis Drebbel membuat kapal selam pertama
|
1662
|
Blaise Pascal menciptakan bus angkutan umum
pertama yang ditarik kuda melayanai trayek tetap, berjadwal dan penerapan
sistem tarif
|
1769
|
Mobil pertama yang digerakkan dengan mesin uap
|
1783
|
Kapal uap praktis pertama dikembangkan oleh
Marquis Claude Francois de Jouffroy d'Abbans - yang menggunakan roda kayuh
|
1790
|
Sepeda pertama sekali ditemukan dan digunakan
|
Perkembangan Transportasi setelah jaman industrialisasi
Bens membuat kendaraan produksi pertama pada tahun
1885
Perkembangan transportasi setelah jaman industrialisasi berjalan dengan
sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat demikian juga penggunaan
transportasi berjalan dengan sangat cepat, dimulai dengan penerapan mesin uap
untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya
mesin dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi
sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang
kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Di transportasi
laut penemuan yang spectakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nulir,
banyak digunakan untuk kapal selam. Pada keterangan berikut ditunjukkan perkembangan
sistem transportasi.
Tahun
|
Temuan
|
1801
|
Lokomotif uap pertama yang ditemukan oleh Richard
Trevithick yang kemudian disempurnakan oleh George Stephensen
|
1858
|
Jean Lenoir mengembangkan mobil pertama yang
digerakkan dengan mesin dengan pembakaran dalam
|
1867
|
Sepedamotor pertama yang digerakkan dengan bahan
bakar
|
1879
|
Werner von Siemens merancang dan mengembangkan
kereta api listrik yang pertama
|
1885
|
Bens membuat kendaraan produksi pertama
|
1899
|
Ferdinan von Zeppelin menerbangkan pesawat balon
udara pertama
|
1903
|
Orville and Wilbur Wright. pada tanggal 17
Desember 1903, Wright bersaudara membuat penerbangan pertama
|
1908
|
Henry Ford menerapkan sistem produksi ban berjalan
untuk pembuatan mobil secara massal
|
1926
|
Roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan
|
1932
|
Pemerintah Jerman membangun Autobahn/Jalan Bebas
Hambatan pertama
|
1939
|
Pesawat terbang jet pertama Jerman diterbangkan
atas dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain ditahun 1936
|
1942
|
Helicopter yang didisain dan di produksi oleh Igor
Sikorsky
|
1947
|
Pesawat supersonik pertama dterbangkan
|
1953
|
Kapal yang digerakkan dengan nuklir pertama
diluncurkan
Sumber : http://adityagarnida.blogspot.com/2012/03/sejarah-ditemukannya-roda.htmlhttp://adityagarnida.blogspot.com/2012/03/sejarah-ditemukannya-roda.html
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar