Selasa, 19 Februari 2013

Penemuan Mesin Jet

TERBANG DENGAN MESIN JET


Beberapa tahun berselang, ada seorang laki-laki Inggris. Yang menemukan mesin jet, Ia adalah Frank Whittle. Sebelum menemukan mesin jet, Ia beberapa kali melakukan percobaan. Percobaan pertamnya berbuah tragis, mesin jet yang ia buat meledak dan melukai sekujur tubuhnya.

Setelah beberapa bulan, ia mencoba bangkit dari keterpurukan. I menciptakan mesin jet yang sempurna. Ia menguji mesin jetnya pada tahun 1930. mesin jet buatanny mampi melaju dengan kecepatan 885 km/jam. Ia menerima penghargaan dari pemerintah Inggris karena berhasil menemukan mesin jet pertama. Mesin jet yang ia buat langsung di uji di pesawat tempur buatan Amerika Serikat, dan di gunakan dalam Perang dunia ke II .







Setelah itu mesin jet di kembangkan oleh manusia sebagai sarana transportasi udara. De Havilland Comet. Itu adalah peswat jet penumpang pertama buatan Amerika Serikat. Peswat ini di buat pada tahun 1952.
Karena ini adalah peswat jet pertama, De Havilland Comet mendapat apresiasi yang bvaik dari masyarakat dunia. Semua orang mengantri untuk dapat menaiki pesawat jet pertama. Peswat jet ini memulai penerbangan pertamanya dari Inggris ke Afrika selatan hanya dengan waktu yang sangat singkat dari penerbangan pesawat baling-baling.




Manusia semakin berinofasi dengna mesin jet. Pada tahun 1974 Peswat jet militer tercepatdi dunia milik Rusia, Black Bird SR-71 melintasi Samudra dalam waktu yang cukup singkat. Pesawat ini melintasi Samudra hanya dengan waktu 2 jam saja. Kecepatan yang di hasilkan pesawat jet untuk mendorong pesawat dengan meyemnburkan gas panas dari nosel pada bagian belakang pesawat.

Peswat ini merupakan pesawat mata-mata yang tercepat di dunia. Pesawat ini juga di sebut pesawat siluman karena bentuknya sangat aneh. Selain bentuknya aneh, pesawat ini di sebut peswat siluman karena mampu lolos dari jangkauan radar musuh, bahkan radar tingkat tinggi bisa di tembus dengan pesawat ini.



Sekarang pesawat sejenis ini juga dibuat oleh Amerika Serikat. Pesawat yang di buat oleh Amerika di beri nama “ Pesawat pembom B-2” atau sering di sebut pesawat siluman karena bentuknya mirip dengan kelalawar. Pesawat buatan Amerika ini lebih canggih di bandingkan dengan BlackBird- SR-71 karena tidak terlihat dengan radar satelit oleh musuh. Pesawat ini menelan dana 2 Trilyun hanya untuk pembuatannya. Berat pesawat ini mencapai 2 ton, meskipun berat namun pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan di atas rata-rata pesawat yang biasa.







F-16 atau sering di sebut dengan sebutan Fighting Falcon adalah pesawat tempur andalan militer Amerika sampai saat ini. Pesawat ini pertama kali di buat oleh industri pesawat Amerika yaitu NASA. NASA adalah in dustri pesawat terbesar di Amerika Serikat, pesawat-pesawat tempur canggih di ciptakan oleh NASA. Bahkan industri pesawat pertama yang membuat pesawat adalah NASA.
Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan 2.517 km/jam. Oleh Amerika pesawat ini sering di gunakan untuk berperang karena pesawat ini dapat membawa banyak rudal dan bom-bom besar. Selain itu, pesawat ini mempunyai kelebihan yaitu dapat lepas landas di kapal induk dengan panjang landasan hanya 70 sampai 100 meter.


Selain F-16 ada lagi pesawat andalan militer Amerika Serikat yaitu F-14. Pesawat ini mampu terbang labih cepat dari F-16. Untuk menyeimbangkan pesawat ini mempunyai 2 nosel jet pada bagian belakang dan memiliki 2 sirip di atas nosel jet. Selain itu, sayap pesawat ini dapat bergerak ke depan atau ke belakang untuk meyesuaikan kecepatan pesawat. Semakin cepat pesawat terbang di udara, sayap semakin bergerak ke arah belakang. Meskipun cepat, pesawat ini tak memiliki banyak senjata yang di bawa.




Pada tahun 1957, tiga pesawat pembom B-52 terbang mengelilingi dunia tanpa henti dalam waktu kurang dari 3 hari. Pesawat ini milik Amerika Serikat. Ketiga pesawat ini terbang dari Amerika menuju Jepang dengan tujuan utama menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki.

Pesawat ini berhasil menjalankan misi untuk menjatuhkan bom ke Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan menjatuhkan bom ke Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.Setelah berhasil membombardir kota Hiroshima dan Nagasaki, ketiga pesawat ini mendapat misi keliling dunia. Dengan senang hati mereka melaksanakan misi itu. Dalam menjalankan   misinya, ketiga pesawa ini tidak berhenti untuk istirahat. Mereka hanya transit di bandara-bandara terdekat untuk mrngisi bahan bakar. Pesawat ini mendarat di Amerika Serikat pada tanggal 11 Agustus 1945 pada pukul 8 malam. Keberhasilan ini di sambut baik oleh warga Ameriak Serikat karena telah berhasil menjalankan misi keliling dunia




Ambisi manusia semakin besar. Inggris dan Perancis membuat proyek bersama yang mrenghasilkan pesawat Concorde atau sering di sebut dengan SST ( Super Sonic Transport) pesawat ini di sebut-sebut sebagai pesawat tercepat di dunia. Pesawat penumpang ini mampu terbang melebihi kecepatan suara. Pesawat ini  mampu terbang dengan kecepatan 16.000 km/jam, padahal bunyi hanya memiliki kecepatan 1.225 km/jam saja.

Pesawat super sonic biasanya dapat menumbulkan gangguan lingkungan karena   ‘sonic boom’ nya. Sonic boom adalah ledakan sonic yang merupakan suara bising yang di hasilkan oleh sebuah pesawat terbang super sonic. Ledakan sonic itu di hasilkan oleh kecepatan pesawat tiu sendiri, dan pengaruhnya terhadap tumpukan udara yang di tembusnya. Ledakan sonic dapat mengakibatkan kaa-kaca jendela pecah berantakan, bahkan tembok saja bisa retak-retak. Pemerintah Amerika Serikat sempat melarang pesawat Concorde terbang di udara karena suara yang sangat bising yang di hasilkan pesawat itu sangan mengganggu.


Pesawat Concorde pernah mengalami kecelakaan di Paris,Perancis. Kecelakaan itu terjadi karena nosel mesin jet pada bagian belakang pesawat bocor dan karena kecepatan pesawat concorde sangan cepat, gas panas dari mesin jet itu merembet ke mesin bagian ekor pesawat.

Kemudian pilot memutuskan untuk tetap terbang karena jika kembali ke landasan akan menabrak pagar pembatas bandara dan tergelincir di ladang gandum yang luas. Karena  kebakarannya terlalu parah, pesawat itu akhirnya meledak dan terbakar habis di udara. Hal ini di selidiki oleh KNKT. Penyelidikan dipermudah oleh Kotak hitam atau lazim di sebut Black Box. Kotak ini sebenarnya tidak berwarna hitam, tetapi jingga. Ia berisi pita-pitaperekam.Jadi semacam tape recorder,yang di dalamnya berisi dua perekam. Yaitu FDR atau Fligth Dta Recorder. Alat ini merekam data pesawat dan kerja peralatan pesawat tersebut, Berapa ketinggian jelajahnya,bagaimana kerja mesin, dan sebagainya.

Yang satu lagi adalah Cocpit Voice Recorder atau CVR. Alat perekam ini merekam pembicaraan awak kokpit, yaitu para pilot. Nah, jika terjadi kecelakaan pesawat, kotak hitam itulah yang pertama-tama dicari karena dari kotak hitam itu akan dapat diketahui apa kira-kira yang menyebabkan terjadinya kecelakaan itu. Mengingat pentingnya kotak hitam itu, maka harus di tempatkan di tempat yang aman, biasanya di bagian ekor pesawat.






Setelah membuat pesawat tercepat, manusia mulai membuat pesawat terbesar di dunia. Pesawat yang paling besar di dunia di sebut-sebut adalah pesawat Antonov. Pesawat ini di buat oleh Rusia dengan dana yang tidak sedikit. Pesawat ini memiliki 8 mesin jet jumbo dan 32 ban belakng dan 4 ban depan.Pesawat ini tidak memiliki sirip kendali di atas badan pesawat, namun sirip kendali itu berada di atas Lift Stabilitator (sayap belakang).

Pesawat ini mampu membawa pesawat ulang-alik di atasnya dan bisa di terbangkan di atas pesawat Antonov. Selain mampu membawa pesawat ulang-alik di atasnya, pesawat ini juga mampu membawa bom besar dan bahkan kereta. Pesawat ini membawa alat-alat tersebut dengan membuka bagian depan pesawat sebagai jalan masuk.





Selain itu, ada lagi pesawat terbesar di dunia, yaitu pesawat Beluga. Berbeda dengan pesawat Antonov. Pesawat ini di produksi oleh industri pembuat peswat Airbus pesawat ini hanya memiliki 1 mesin jet jumbo yang berukuran sangan besar di bagian tepi sayap. Pada umumnya pesawat sejenis ini digunakan sebagai pesawat pembawa barang atau sering di sebut dengan pesawat Kargo. Karena bobot pesawat ini sangat berat, pesawat ini memiliki sirip pada atas Lift Stabilitasator.


Sama seperti pesawat Antonov, Pesawat Beluga juga memiliki bagian depan pesawat yang dapat membuka. Tetapi berbeda dengan Pesawat Antonov, jika pada bagian depan pesawat Antonov membuka keseluruhannya, pesawat ini hanya pada bagian atasnya saja yang membuka.

Dalam sekali angkutan, pesawat ini dapat mengangkut 2 bua helikopter perang Apache yang  berat karena banyak senjata yang di gunakan untuk perang. Selain membawa barang, bagian bawa pesawat ini juga di gunakan untuk membawa penumpang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.



Kalian pasti mengira ini adalah helikopter?. Ini bukan helikopter, melinkan pesawat Sky Crane. Pesawat ini memiliki dua Propeler dan dua mesin jet di bawahnya.

Pesawat ini adalah inofasi baru dunia kedirgantaraan yang baru. Pesawat ini di buat oleh industri pesawat Airbus. Pada awalnya badan pesawat ini adalah badan pesawat biasa, namun berkat IPTEK pesawat ini di ubah menjadi gabungan antara pesawat dan helikopter. Pesawat ini dapat lepas landas seperti pesawat pada umumnya maupun  lepas landas seperti helikopter. Pesawat ini biasanya tidak di gunakan untuk pesawat umum, melainkan pesawat kenegaraan atau pesawat pribadi. Pesawat ini di buat oleh industri pesawat Airbus.



5. PELURU KENDALI ATAU RUDAL


Tak puas dengan pesawat terbang, maniusia mencoba membuat peluru terbang atau rudal. Negara yang membuat rudal pertama adalah Amerika Serikat. Rudal jelajah yang paling canggih adalah rudal Tomahawk milik Amerika. Rudal jelajah ini setelah di luncurkan mampu mencari sendiri keberadaan sasarannya karena di lengkapi dengan GPS dari satelit dan peralatan canggih. Jarak yang mampu di tempuh rudal ini adalah sejauh 250 km. Saat ini rudal itu di gunakan untuk berperang di Libya untuk memaksa Presiden Libya Khadafi untuk mundur dari jabatannya.
Setelah membuat rudal jelajah, manusia mencoba membuat rudal tercepat di dunia. Rudal tercepat di dunia adalah rudal Brahmos. Rudal ini di desain panjang dan runcing pada bagian depannya untuk meminimalisir terjadinya hambatan udara yang berlebihan. Rudal ini mempunyai kecepatan terbang berlipat ganda dari kecepatan pesawat F-16. Rudal ini di beri warna perak mengkilap agar tidak terlihat oleh musuh pada saat terkena sinar matahari, selain itu rudal ini juga mampu lolos dari radar tingkat tinggi musuh.




Selanjutnya adalah bom Claster. Bom ini mampu meledak menjadi beberapa bagian dan meledak lagi menjadi bom yang banyak. Lagi-lagi bom ini ciptaan militer Amerika untuk yang ke sekian kalinya.Bom ini pernah di gunakan untuk menyerbu markas Al-QAEDA di Irak dan berhasil menewaskan semua Militan. Berbeda dengan bom fosfor putih, bom ini tidak menggunakan Nuklir.

Bom fosfor putih adalah bom milik Israel yang di gunakan untuk menyerang Palestina pada tahun lalu. Bom fosfor putih juga bisa menjadi beberapa bagian seperti bom claster, namun bom fosfor putih mengandung unsur-unsur nuklir yang membahayakan bagi manusia. Bom fosfor putih pernah di tahan keberadaannya oleh PBB karena dapat merusak lingkungan yang di jatuhi bom.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar